Dec 4, 2011

Fun (and not fun) facts while I'm pregnant...

Udah lama gak update lagi...
hmmm...kali ini pengen bahas tentang masa-masa kehamilan saya yang sekarang udah menginjak sekitar 21 minggu, sekitar 5 bulan lebih. Pengen share aja apa yang dirasain dari mulai bulan-bulan awal sampai sekarang. Ok, here we go..

1st month (1-4 wks)
Kebanyakan wanita hamil belum ngeh bahwa mereka hamil di minggu-minggu pertama ini, yaa kecuali tiap hari ngecek pake test pack setelah berhubungan..hehe..Tapi yang saya tau rata-rata mulai cek pake test pack setelah terlambat haids lebih dari 3 hari, dan itu yang saya alami. Jadi di minggu awal ini ga berasa ada yang beda. Termasuk saya, yang pada saat itu melakukan perjalanan ke Pangandaran dan sempat nyemplung di Green Canyon, untung ga ada apa-apa -_-

2nd month (5-8 wks)
Nahh..disini biasanya sudah mulai berasa ada yang berubah. Kalau saya pribadi sih bukan dari terlambat haid, tapi dari perubahan tubuh. Dari mulai pinggul/pinggang yang sakit dan payudara yang membengkak dan sensitif banget, gejalanya mirip-mirip sama kalau mau dapet haid sih. Tapi yang paling membedakan adalah feeling bahwa saya hamil, rasanya ada sesuatu yang harus di protect, dan asa teu pararuguh rarasaan (perasaan yang ga jelas). Nah setelah tau terlambat haid sampai 3 hari lebih, baru lah coba-coba pake test pack. Alhamdulillah positif ^^. Langsung cek ke dokter dan kandungan saya sudah menginjak 5 minggu. Awalnya gak ngerasain gejala apa-apa, dan berharap gak mual or else, tapi kok setelah tau hamil malah berasa lemes, ngantuk all the time, lapeeerr dan yang paling saya gak suka adalah..mual..ugh..laper tapi mual, kumaha tah? (gimana tuh?).

Dan selama proses ini, semua orang bilang "Ayoo..dinikmatin ajaa", "Dibikin enjoy ajaa, nanti juga enggak mual lagi.." and I was hoping everyday besok gak mual lagi, tapi tetep aja. And I think I can't enjoy the nausea. Tapi setelah melewatinya dan ada teman yang mengeluh tentang ke-mual-an nya saya juga berkata hal yang sama..
Just enjoy it, its one of the phase that you have to through :p

3rd month (9-12 wks)
Di bulan ketiga ini, mual dan lemes masih dateng silih bergantian. Makan pun jadi semasuknya aja, yang penting saya makan dan diniatkan saya makan untuk kebaikan janin saya dan untuk menjaga kesehatan saya juga. Kalau sampai saya sakit kan nanti kasian baby nya dan kasian juga suami saya yang nanti malah gak konsen kerja karna mikirin saya (geer banget yah dipikirin suami..hehe). Dan saya mulai sebel sama suami saya sendiriiii..haha..lucu sih kedengerannya, tapi beneran deh..sebeeel banget sama kelakuannya dia, apalagi dia orangnya jail banget ditambah pas bulan-bulan ini dia lagi sering lembur dan pulang malam, jadinya makin sebeeelll..hehe

Orang-orang bilang ini adalah waktu-waktu dimana wanita hamil suka ngidam yang aneh-aneh. Alhamdulillah saya gak ngidam segitunya, cuman pada saat mual dan laper dateng berbarengan suka membayangkan makanan enak apa yah yang diinginkan saat itu, nah orang sering bilang bahwa itu ngidam, tapi bagi saya itu cuman keinginan sementara karna rasa mual aja. Yang paling penting saya ga mau menyusahkan orang-orang sekitar saya dengan keinginan-keinginan aneh. Di akhir bulan ketiga ini rasa mual dan lemas cukup berkurang intensitasnya, yang tersisa adalah laper dan pengen jalan-jalan mulu..hehe..

4th month (13-16 wks)
Di awal bulan ini yang berasa adalah laper yang tak tertahankan. Mualnya masih datang tapi masih bisa dikontrol dan gak sering. Mulai lah membeli sekantung besar cemilan dan buah-buahan, yang biasanya habis dalam seminggu ini beberapa hari aja udah abis. Sampai suami heran, makanan yang kemaren dikemanain yah?hehehe..Mulai bisa melakukan kegiatan sehari-hari, karna kemaren-kemaren lemes banget jadi banyak pekerjaan rumah numpuk dan bikin rumah jadi agak messy. Tapi yang namanya sensitif ga bisa ditahan-tahan yaa bo, hormon naik turun jadi yang kena sasaran ya suami..heuheu..Maap ya sayang..

5th month (17-20 wks)
Masih merasakan laper yang sangat dan semakin menjadi-jadi. Makin kabitaan (celamitan?) sama semua yang ada di TV ato majalah or even orang nge gosip tentang makanan, pasti mauu..hehe..Orang-orang bilang gerakan baby sudah bisa mulai kerasa loh..tapi di awal minggu kelima ini saya belum bisa merasakan adanya gerakan. Udah agak was-was karena mamih bilang harusnya udah berasa. Tanya-tanya sekitar ternyata kalo anak pertama memang kita kurang sensitif sama pergerakan bayi, kan belum pernah tau gimana rasanya ditendang-tendang bayi dari dalem perut..hehe..Tapi beberapa hari setelah itu, waktu habis mandi, someone's finally made the first kicking and I can feel it..Kalau ditanya rasanya, amazing banget, ga bisa diungkapkan dengan kata-kata, cuman bisa berujar Subhanallah..Bener-bener takjub. Dan setelah first kicking itu, udah mulai bisa merasakan pergerakan bayi dan tendangan-tendangan kecilnya. Happy!!

Dan di awal minggu bulan kelima ini kebetulan saya dan suami ada event 1st anniversary, suami saya menghadiahkan tiket konser The Script ^^ senangnyaaaa...Dengan jadwal kantor suami saya yang masih padet (aja) ngebela-belain buat dateng ke konser, meskipun diakhiri dengan lembur..hehe..makasih ya sayaang. 
Awalnya saya ragu dateng ke konser karna liat kondisi perut sudah mulai membesar dan sudah mulai suka capek kalo berdiri terlalu lama, tapi waktu dilihat ke tempat konsernya cukup nyaman karna diadakan di ballroom hotel dan orang-orang belum terlalu banyak yang mengenal The Script, jadi gak crowded banget. Dan satu lagi, dapet makanan gratis karna adik saya bekerja di hotel tersebut..hehe..makan mulu yg dipikirin yah..Sepanjang konser, the kicking is so hard..love the concert huh?^^ just like his/her dad..

Di akhir bulan kelima ini sebenernya kita udah bisa tau jenis kelamin si baby dengan cukup jelas dari USG 2D/3D aja..Hmm...rahasia ah..biar surprise..hihi..Oiyah, di bulan kelima ini saya coba ikut prenatal yoga..nanti dibahas di lain postingan yah..dah kepanjangan :p

Karena usia kandungan saya baru menginjak 20-21 wks jadi baru segini yang bisa saya ceritain..^^ Have a good day then...
Related Posts with Thumbnails