Apr 29, 2010

Budgeting I...

Budget atau dalam bahasa Indonesia-nya anggaran..Dalam merencanakan pernikahan ini tuh penting banget..karena budget yang menentukan bagaimana pernikahan kita bakal dibuat..Apakah mau dibikin simple atau mewah..semua tergantung kita yang ngatur dan tergantung dompet kita juga...

Kalau gw sih untuk penentuan budget, tentunya gw bicarain ama ortu dulu..budgetnya kira2 berapa, tamu yang mau diundang brp undangan de el el...

Nah..dari pembicaraan itu yg pertama dihitung tuh jumlah tamu yang mau diundang...
Misal, daftar tamu kira-kira mencapai 100 undangan, berarti catering yang dipesan adalah 100 x 2 = 200 orang dan jumlah itu harus ditambah lagi dengan jumlah keluarga kita, karena biasanya kan keluarga gak pake undangan, kalau kita hitung misalkan jumlah keluarga yang akan datang 50 orang, jadi catering nya harus kita tambah menjadi 250 porsi..

Hmm...ada satu tambahan lagi, yaitu tamu tak terduga..hehe..Mereka-mereka ini adalah tamu yang gak pake undangan, kayak temen2 SMA yang udah jarang contact tapi mereka denger dari kanan kiri...Adek2 kelas waktu kuliah, mereka liat undangan yang kita kirim ke himpunan...de el el..

Semua ini harus kita perhitungkan dengan baik dan bijak...Jangan sampai tamu kekurangan makanan (aduuhh amit2 deh..) tapi jangan sampai juga terlalu berlebih..mubazir...


Perhitungan ini semua bakalan nentuin semua kedepan, karena catering atau makanan ngambil porsi paling banyak dalam anggaran kita...
Segini dulu pembahasan budgetingnya..masih banyak pertimbangan yang mesi ditimbang looh *halah...

Apr 18, 2010

Catering oh catering...

After picking this and that..it's time to pick some catering...

Pas lagi ada pameran di Pusda'i kita coba ngambil sebanyak-banyaknya brosur dan sebgainya itu buat perbandingan..Sempet test food di beberapa catering, blom ada yang sreg deeehhh...
Trus pas mau pulang, karna dah malem and cape juga keliling-keliling..eehh..kita ketemu sama Pak Asep, salah satu costumer nya papih di Garut, yang ternyata dia tuh tukan bunga dan dekorasi untuk beberapa catering di Bandung..Akhirnya, ngikut deh sm dia buat ditunjukin catering yang oke..Ternyata salah satu catering yang cukup terkenal di Bandung, kita coba test food lah, tanya-tanya harga dan laen-laen..Cukup okeh dan lumayan srek..Setelah pulang dan mempertimbangkan semua akhirnya kita setuju dengan catering itu dan udah sempet dibahas juga sama camer..

Kita udah coba nelpon dan sms koordinator cateringnya tapi kok gak ada tanggepan yah, udah rada gak enak hati nie..sampe akhirnya kita telpon dan diangkat, trus kita janjian ketemu deh di kantornya..pas kita dateng ke kantornya, ternyata orangnya gak ada, sakit katanya (tapi gak ngasih pemberitahuan sebelumnya) agak kecewa sih tapi ya sut lah, kita coba tanya-tanya tentang dekorasi dan sebagainya deh..Yang bikin tambah gak enak, yang nerima kita orangnya jutek banget..dan ternyata cateringnya gak fleksibel banget..kalo ganti menu yang diluar paket kita kena charge lagi, kalo pelaminan pgn yang baru kena charge lagi..waahh banyak cing cong deh..yang asalnya mau di DP akhirnya gak jadi deh ama kita..pikir-pikir lagi gitu...

Dalam waktu 3 hari kita nunggu buat dihubungin sama pihak catering..ternyata gak ada respon sama sekali..Baru lah disitu kita berani cerita sama Papih (Papih gw jauh bo..di Garut), si Papih mencak-mencak gini
"Emangnya kita mau minta sama dia?Kok sampe harus selalu kita yang ngehubungin tuh orang..Batalin aja!!"
Hweee..karna itu perintah dari Papih "the Dad" plus kitanya juga jadi gak sreg y sut deh..kita putusin buat dibatalin dan cari catering lain...
Beberapa hari kemudian si catering (yang nerima kita di kantornya waktu itu) telpon ama Mamih..

Catering (C) : Halo bu..gimana menu nya?
Mamih (M)    : Oh, kemarin kan sy udah ngebatalin sama si mba X..
C : O gitu ya bu..Kalau boleh tahu, Ibu jadinya ngambil catering mana?
M : Blom tau ya mba..kita masih cari-cari..
C : Loh kalo blom dapet kok berani-berani ngebatalin catering kita?
M : (dalem hati) Hhhh...Kumaha aing weeee (Gimana gw ajaa..)
     ya gimana ya mba..saya pengen cari catering lain aja, memang gak boleh??
C : Eh, iya bu gpp (sambil malu gt dia nya)

Akhirnya dari referensi dan survey kmana-mana kita ambil catering Harmony, pas kita kesana, yang biasa ngurusinnya gak ada, jadi kita tanya-tanya doang dan titip no.telpon..sorenya kita langsung ditelpon dan diajakin test food...ih, cepet responnya asik, trus baik banget lagi pas ditelpon...
Trus ternyata dia masih ada kerjasama sama Pak Asep..Pas banget tuuhhh...

Beberapa minggu kemudian kita dateng lagi ke kantornya, pas ketemu sama mba Winda nya..enakeun pisan, fleksibel banget buat nentuin menu nya..bisa ganti-ganti gtiu, asalkan sesuai yaaa...bonusnya juga lumayan..kita dapet nasi dus buat pengajian 100 pax dan bonus lainnya...
Dan dengan Bismillah langsung deh kita DP tanpa test food dulu...Lagian kan selera kita sama tamu beda yah dan males juga sih test food nya :p

Bismillahirohmanirrohim...Semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar..aminn...

Apr 15, 2010

Another Preparation...

Yup...sekarang dimulai lah perjalanan mencari-cari vendor...

Yang pertama gw cari adalah vendor untuk make-up dan baju pengantin...
Waktu ada pameran pernikahan di pusda'i sih udah banyak banget vendor yang didatengin, tapi kok gak ada yang sreg ya..Yang dari pinggir jalan keliatannya oke banget baju-baju nya, tapi pas udah dipake ama model-model dan liat dari deket make-up nya biasa aja..malah terkesan terlalu banyak campuran warna dan model di bajunya jadinya terkesan 'rame'..karna gw orang yang gak begitu suka ama yang rame-rame..jadi nyari yang klasik tapi anggun gitu...

Hampir setiap hari cari vendor make-up dengan meng-googling dan selalu tanya sana sini..Sempet ngedatengin beberapa vendor juga..Orang-orang nya cukup welcome..tapi kalo bhs sunda nya mah legeg, mentang-mentang mereka udah punya nama, ditawar dikit aja kya yang merasa terhina gtu...lagian gw gak nawar harga kok..cman nawar pgn tambah fasilitas dan mengurangi fasilitas yang laen..Ysuw deh..karna gak begitu sreg juga..akhirnya gw dan Mamih memutuskan untuk cooling down nyari vendor make-up nya..nyari vendor laen aja dulu katanya...

Minggu depannya ada temen Mamih nelpon, Tante Nita ini nawarin temennya yang suka ngerias pengantin di Puri Kanti, namanya Teh Ambar..Pas kita janjian ketemu dan ngobrol, orangnya enakeun banget..bisa diajak ngobrol banget, trus gw langsung ditawarin buat nyobain beberapa baju pengantin nya Puri Kanti..Wiiihh, gini toh rasanya pake baju pengantiin..hihi..Dan dia sangat fleksibel, jadi kalo mau kurang nambah gitu bisa..trus kan gw rencana nya baju buat akad bakalan bikin (ntar di review deh tempatnya...) jadi ama dia baju akad bisa diganti sama baju keluarga inti atau yang lainnya...nah..gini doong...hehe

Setelah beberapa kali diskusi sama Papih dan keluarga yang lain..akhirnya kita putusin pake Puri Kanti deh...mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar yaaa...

Apr 14, 2010

First Thing First..

Jadi yahhhh...
setelah menentukan kita mau nikah..first thing first adalah mencari gedung perkawinan..karna ya bo..di bandung ituuu kalo gak buru-buru booking gedung pasti udah penuh ajyah...

Sekitar 2 minggu sebelum acara lamaran, kita mulai hunting-hunting gedung yang bisa dipake perkawinan..dan OMG!! harganya mahil-mahil ternyataaaa...Karena kita adalah ornag yang sederhana dan bersahaja..(haiyaahh..) jadi akhirnya kita fokusin untuk cari gedung tentara yang kata orang-orang harganya enggak semahal gedung-gedung laen atau hotel-hotel gituh...

Dan gw memang pernah bercita-cita pengen nikah di salah satu gedung yang lokasinya cukup ditengah Kota Bandung, tempat parkirnya luas dan kapasitas gedung lumayan..Tanpa pikir panjang kita berdua datengin tuh gedung..dan Alhamdulillah masih ada tanggal yang kosong untuk tahun 2010 dan waktunya juga pas dengan yang kita rencanain..Harganya?hmm..kalau dibandingin dengan gedung-gedung yang lain sih..yang ini masih lumayan masuk ke budget kita...dan fasilitasnya juga lumayan..pengurusnya juga kooperatif banget...pas banget deh :)

Akhirnya kita coba booking 2 tanggal untuk dibicarain dulu ke ortu masing-masing... Alhamdulillah mereka pada setuju sama salah satu tanggal yang kita pilih..dan Insyaallah kita bakalan ngadain resepsi di Gedung Kologdam Jl. Aceh..

Ini gambar gedung depannya..sbenernya yang dipake yg di dalem..cman gak dapet gambarnya :p

Ok..so far, segini dulu perkembangan untuk preparation nya....

Apr 12, 2010

my story about us...

Hei hei...udah lama gak update..lg binun mau update apa :D

Oyah..sekarang gw lagi prepare buat nikahan gw...dikirain gampang yah ngerencanain nikahan gt..taunya booo..ribet bener deh..Gak sia-sia juga kita ngerencanainnya dari bulan Januari, padahal hari-H nya bulan November..kayak yang masih lama sih pada saat itu..tapii pas dipikir-pikir setiap berkurang satu bulan jadi ngerasa diburu-buru..tinggal 7 bulan lagi...

Eh..kita udah lamaran looh tanggal 9 Januari 2010..kita ngambil tanggal itu karenaaa...sebenernya gak ada alasan khusus sih..tapi kebetulan aja uwa dan oom gw lg pada ngumpul, jadi yaa dijadiin deh.. So, these are a few pictures..taken by Sony (maap bukan merk yah, tapi nama orang :D, peace soon)..


Bener-bener gak nyangka deh bisa berakhir kayak gini sama Edwin...hehe..
setelah terpisah hampir satu setengah tahun ditinggal studi..dan banyak banget yang ngeraguin sama hubungan kita berdua..akhirnya kita bisa ngejalanin 4 tahun berpacaran dengan lika-liku nya (cieh..)

Edwin yang dari sejak awal cowo yang "gak banget" buat gw, secara jail dan recok abis..hehe..ternyata Insyaallah bisa jadi imam di kehidupan gw nanti..amiiinnn..

Next, you'll hear something from me about my wedding preparation...
Related Posts with Thumbnails